fbpx

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (Program S1) IAIN Palopo pada Senin (14/12) menjalani visitasi akreditasi secara online dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Dua perwakilan asesor adalah Prof. Dr. Imam Fuadi, M.Ag., yang berasal dari IAIN Tulungagung dan Dr. Sembodo Ardi Widodo, M.Ag., yang berasal dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Visitasi online ini disambut oleh Rektor IAIN Palopo Prof. Dr. Abdul Pirol M.Ag., Ketua Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Dr. Nurdin K, M.Pd., serta Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam Hj. Nursaeni, S.Ag., M.Pd.

Suasana Pembukaan Visitasi Prodi MPI

Suasana Pembukaan Visitasi Prodi MPI IAIN Palopo

Rektor IAIN Palopo berharap agar Prodi Manajemen Pendidikan Islam dapat meraih akreditasi yang baik. Ini adalah visitasi pertama untuk Prodi Manajemen Pendidikan Islam dan yang pertama dilakukan secara Online untuk visitasi akreditasi di IAIN Palopo. Untuk mencapai hal tersebut kelengkapan dokumen penunjang seperti penyusunan borang akademik, laporan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen harus dipersiapkan dengan baik.

Ketua Prodi Manajemen Pendidikan Islam mengatakan “Kegiatan visitasi dimulai pada hari Senin sampai Selasa, selama 2 hari. Hari pertama asesor melakukan wawancara bersama pihak terkait dan akan dilaksanakan pengecekan dokumen dan wawancara terhadap mahasiswa dan alumni.” Berdasarkan pengecekan tersebut para asesor akan mengirim hasil laporan kepada BAN-PT.

Sekretaris Prodi MPI Sumardin Raupu, S.Pd., M.Pd., sangat optimis Prodi MPI IAIN Palopo akan memperoleh peningkatan nilai akreditasi, karena persiapan visitasi ini telah dimulai jauh hari sebelumnya. Untuk diketahui bahwa usulan akreditasi MPI IAIN Palopo telah diajukan kurang lebih setahun lalu.

Program Studi Manajemen Pendidikan Islam telah menjadi bagian dari salah satu program studi di IAIN Palopo sejak tahun 2015, dan telah menampung banyak mahasiswa yang siap guna untuk menimba ilmu dalam program studi ini. Untuk itu dibutuhkan akreditasi program studi untuk menstandarisasi mutu yang telah dibangun selama awal Prodi ini dibentuk. Hal ini juga berguna untuk menjadi jaminan bagi mahasiswa yang akan lulus menjadi sarjana kedepannya.

Manfaat dari akreditasi program studi adalah untuk evaluasi terkait peningkatan mutu pendidikan serta mempertahankan pencapaian yang positif. Selain itu, melalui proses akreditasi sebuah program studi dapat digunakan sebagai dasar pertimbangan alokasi dana, transfer kredit perguruan tinggi, pemberian bantuan dana hibah penelitian dan lain sebagainya.

Subscribe To Our Newsletter

Subscribe To Our Newsletter

Join our mailing list to receive the latest news and updates from our team.

You have Successfully Subscribed!

%d bloggers like this: