fbpx

KOMPETENSI LULUSAN

A. Kompetensi Utama Lulusan

  1. Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai
    Lulusan program sarjana Manajemen Pendidikan Islam wajib memiliki sikap sebagai berikut :
    a. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap  religious.
    b. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
    c. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
    d. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada bangsa dan Negara.
    e. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
    f. Bekerjasama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
    g. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
    h. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
    i. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
    j. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan dan kewirausahaan.
    k. Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik.
    l. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya.
  2. Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan
    Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam wajib memiliki pengetahuan umum sebagai berikut:
    a. Mampu mengelola bidang garapan Pendidikan Islam: Bidang kurikulum, Bidang sumber daya manusia pendidikan, Bidang sarana dan prasarana, Bidang keuangan (accounting), Bidang administarisi perkantoran, Bidang pemasaran
    (marketing) pendidikan.
    b. Mampu melakukan inovasi dalam bidang Manajemen Pendidikan Islam.
    c. Mampu mengelola pusat sumber belajar berbasis ICT.
    d. Mampu mengelola laboratorium pendidikan.
    e. Mampu menggunakan ICT pada layanan pendidikan.
    f. Memiliki kepribadian manajerial yang kuat dan profesional.
  3. Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan
    Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam wajib memiliki keterampilan umum sebagai berikut:
    a. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
    b. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu dan terukur.
    c. Mampu mengkaji dampak pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memerhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
    d. Menyusun deskripsi saintifik, hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
    e. Mampu mengambil keputusan secara tepat, dalam konteks penjelasan masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
    f. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega dan sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
    g. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
    h. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggungjawabnya dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
    i. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamanahkan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan mencegah plagiasi.
    j. Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk pengembangan keilmuan dan kemampuan kerja;
    k. Mampu berkomunikasi baik lisan maupun tulisan dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris dalam perkembangan dunia akademik dan dunia kerja (dunia non akademik);
    l. Mampu membaca Al-Quran berdasarkan ilmu qira’at dan ilmu tajwid secara baik dan benar, serta ibadah praktis dengan baik dan benar.

B. kompetensi Pendukung Lulusan

  1. Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Sikap dan Tata Nilai
    Lulusan program sarjana Manajemen Pendidikan Islam wajib memiliki sikap khusus sebagai berikut :
    a. Menjunjung tinggi nilai-nilai keIslaman yang mencakup ketakwaan terhadap Allah SWT, penghargaan terhadap nilai-nilai kemanusiaan, internalisasi nilai dan norma;
    b. Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesiaan dan kemasyarakatan, meliputi, penghargaan terhadap keanekaragaman, nasionalisme dan tanggungjawab bernegara, dan berbangsa, berdasarkan Pancasila;
    c. Menjunjung tinggi nilai-nilai etika akademik, yang meliputi kejujuran dan kebebasan akademik dan otonomi akademik;
    d. Bertanggung jawab sepenuhnya terhadap nilai-nilai akademik yang diembannya sebagai calon pegawai administrasi pada lembaga-lembaga pendidikan Islam formal dan nonformal;
    e. Memiliki kemandirian sikap sebagai manajer pendidikan Islam di berbagai jalur, jenis, dan jenjang kelembagaan pendididkan Islam.
  2. Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan
    Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam wajib memiliki pengetahuan khusus sebagai berikut:
    a. Mampu memahami teori tentang keagamaan Islam dan keindonesiaan dalam  bernegara dan berbangsa.
    b. Mampu memahami teori tentang kependidikan, psikologi umum, psikologi  sosial, psikologi industri, psikologi pendidikan, manajemen SDM, dan manajemen Diklat.
    c. Memiliki kemampuan berfikir filosofis dan logis.
    d. Menguasai konsep, prinsip, teori-teori dan aplikasi manajemen pendidikan melalui sudut pandang ajaran Islam.
    e. Mampu menerapkan konsep, prinsip, dan teori manajemen dalam mengelola lembaga pendidikan.
    f. Mampu melakukan formulasi, implementasi, dan evaluasi, pada berbagai bidang garapan manajemen pendidikan Islam, yaitu: Bidang kurikulum, Bidang sumber daya manusia pendidikan, Bidang sarana dan prasarana, Bidang
    keuangan (accounting), Bidang administarisi perkantoran, Bidang pemasaran (marketing) pendidikan.
    g. Mampu melakukan penelitian dalam pengembangan bidang-bidang Manajemen Pendidikan Islam.
    h. Mampu menghasilkan karya tulis berupa buku, artikel, jurnal dan mampu mempublikasikan karya tersebut.
    i. Memiliki kompetensi Pedagogik, Kepribadian, Sosial, dan Profesional dalam menjalankan profesi sebagai manajer pada lembaga-lembaga pendidikan umum.
    j. Memiliki kompetensi manajerial, Kepribadian, Sosial, dan Profesional dalam menjalankan profesi sebagai manajer pada lembaga-lembaga pendidikan umum.
  3. Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan
    Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam wajib memiliki keterampilan khusus sebagai berikut :
    a. Mampu menampilkan kepemimpinan manajerial pendidikan dalam bidang tugas-tugas manajemen peendidikan Islam secara professional.
    b. Memiliki keterampilan dalam pengambilan keputusan (decision making).
    c. Memiliki kemampuan mengelola informasi melaluipemanfaatan Si stem Informasi Manajemen (SIM).
    d. Memiliki keterampilan berkomunikasi (communication skilll) secara efektif dalam layanan pendidikan.
    e. Mampu bekerja sama dalam melakukan problem solving pada aspek layanan manajemen pendidikan
    f. Memiliki keterampilan supervisi akademik dan manajerial.
    g. Memiliki komitmen kerja yang baik

C. Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan

  1. Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Pengetahuan

Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam wajib memiliki pengetahuan Tambahan sebagai berikut:

a. Memahami teori dan praktik pengelolaan lembaga pendidikan (madrasah, sekolah, lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, pondok pesantren, majlis taklim, dan diniyah takmiliyah).

b. Memiliki kompetensi sebagai Pendidik manajemen dan administrasi di SMK/MAK.

c. Memahami Pengelolaan Pelatihan.

d. Memiliki wawasan pengelolaan Sumber Daya Manusia.

e. Memahami teori dan praktik penelitian bidang manajemen pendidikan Islam.

2. Rumusan Capaian Pembelajaran Bidang Keterampilan

Lulusan Program Studi Manajemen Pendidikan Islam wajib memiliki keterampilan Tambahan sebagai berikut :

a. Pengelola lembaga pendidikan (madrasah, sekolah, lembaga kursus, lembaga pelatihan, kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, pondok pesantren, majlis taklim, dan diniyah takmiliyah).

b. Pendidik manajemen dan administrasi di SMK/MAK.

c. Pengelola Pelatihan.

d. Pengelola SDM.

e. Peneliti bidang manajemen pendidikan.